Syarat Hewan Aqiqah - Syarat Kambing Aqiqah Menurut Sunnah - Ikhlas Aqiqah

Breaking

Rabu, 17 Januari 2018

Syarat Hewan Aqiqah - Syarat Kambing Aqiqah Menurut Sunnah

Image result for hewan aqiqah

"Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan mereka aqiqah, untuk anak laki-laki dua kambing, dan anak perempuan satu kambing". [HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah].

         Ketentuan kambingnya disini tidak dijelaskan kelaminnya, harus jantan atau boleh juga betina. Namun para ulama menyatakan, bahwa kambing aqiqah sama dengan kambing kurban dalam usia, jenis dan bebas dari aib juga cacat. Akan tetapi mereka tidak merinci tentang disyaratkan jantan atau betinanya. Oleh karena itu, kata "syah" dalam hadits di atas, menurut bahasa Arab dan istilah syari’at mencakup kambing atau domba, baik jantan maupun betina. Tidak ada satu hadits atau atsar yang mensyaratkan jantan dalam hewan aqiqah. Pengertian "syah" dikembalikan kepada pengertian syariat dan bahasa Arab.


  1. Hewan sembelihan aqiqah boleh dengan kambing/domba (boleh jantan maupun betina). Tidak sah aqiqah jika dilakukan dengan hewan selain diatas, seperti ayam, kelinci, atau burung.
  2. Hewan aqiqah harus dalam keadaan sehat, tidak boleh ada cacat dan dalam keadaan sakit. 
  3. Hewan aqiqah harus merupakan hewan yang sudah layak disembelih seperti mana halnya kurban. Jika kambing, maka minimal sudah berusia satu tahun. Disunnahkan dimasak terlebih dahulu daging aqiqahnya sebelum dibagikan, berbeda dengan qurban.


         Dengan demikian, maka syah bila seseorang menyembelih kambing betina dalam aqiqah, walaupun yang utama dan dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ialah kambing jantan yang bertanduk. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar